• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Universitas Terkenal di Tangerang

Universitas Terkenal di Tangerang

Kalau kamu saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA dan tinggal di Tangerang, pasti kamu ingin berkuliah di universitas terkenal di Tangerang, kan? Tangerang merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Banten, Jawa Barat dan bersebelahan dengan Ibukota DKI Jakarta. Kota yang dekat dengan kota metropolitan lainnya ini sudah memiliki penduduk sebanyak kurang lebih 2 juta dan menjadi kota komuter utama bagi Jakarta. Di sebelah selatan kota ini juga terdapat kota mandiri yang disebut kota Tangerang Selatan.

Beberapa Universitas Terkenal di Tangerang

Universitas Terkenal di Tangerang

Saat kamu duduk di bangku kelas 12 SMA, pasti terpikir olehmu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tapi bingung ingin berkuliah di mana. Ketika kamu tinggal di kota Tangerang, ada beberapa universitas terkenal di Tangerang yang bisa kamu jadikan tujuanmu untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut beberapa daftar universitas terkenal di Tangerang.

Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara atau yang disingkat Binus ini merupakan salah satu universitas yang awalnya merupakan institusi pelatihan komputer. Pada 23 Oktober 2014, Universitas Binus hadir di daerah Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Kampus ini memiliki gedung dengan 22 lantai yang mengusung konsep green campus. Kampus ini terkenal ramah ingkungan dengan fasilitas yang hemat energi. Kamu pun bisa mengambil program kuliah internasional yang nantinya kamu akan mendapatkan gelar sarjana dari universitas-universitas rekannya Binus yang ada di luar negeri lho! Beberapa artis yang menjadi lulusan Binus adalah Joshua Suherman, Jessica Mila, Pamela Bowie, dll.

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan atau yang disingkat dengan UPH, merupakan salah satu universitas swasta yang sangat terkenal di Lippo Village, Karawaci, Tangerang. UPH disebut sebagai salah satu universitas elite yang berada di Tangerang dengan kampus yang memiliki fasilitas yang luar biasa. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Universitas Pelita Harapan ini adalah museum, studia foto, Auditorium yang berkapasitas lebih dari 2000 orang, serta kolam renang privat. Wah, pantas saja mendapat julukan ‘universitas terkenal di Tangerang’. UPH juga sudah menghasilkan lulusan artis hebat seperti Agnez Mo dan Vidi Aldiano.

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas terkenal lainnya yang ada di Tangerang adalah Universitas Multimedia Nusantara atau yang disingkat dengan UMN. Kampus ini terletak di Summarecon Gading Serpong, Tangerang. Universitas Multimedia Nusantara menyediakan pembelajaran ICT (Information And Communication Technology). Universitas ini terkenal karena didirikan oleh kelompok terkemuka dalam bidang media massa, media cetak, penerbitan, dan toko buku, tak lain dan tak bukan adalah Kompas Gramedia. UMN diresmikan pada 20 November 2006 lalu. Kompas Gramedia pun mendukung UMN lewat sarana dan prasarana serta pengajar dan fasilitas magang bagi mahasiswanya. Fokus pendidikan bagi UMN adalah teknologi informasi dan komunikasi. Bagi kamu yang tertarik untuk terjun di dunia kerja yang berkaitan dengan multimedia, kamu bisa pilih kampus ini untuk menjadi pilihan.

Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang atau yang disingkat dengan UNIS merupakan salah satu universitas yang bertempat di daerah Babakan, Kecamatan Tangerang, Banten. Ada beberapa fakultas yang bisa kamu pilih serta terdapat jurusan S-2 Pasca-Sarjana. Universitas ini memiliki Gedung A dan B, dan beberapa sarana lain yang dapat menunjang pendidikan kamu di kampus ini. UNIS terkenal bukan karena lulusannya banyak artis tapi karena Universitas ini merupakan universitas tertua dan pertama yang ada di Banten.

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Salah satu universitas terkenal yang ada di Tangerang adalah Universitas Muhammadiyah Tangerang atau yang disingkat dengan UMT. Universitas Muhammadiyah Tangerang berada di kawasan pendidikan Cikokol, Tangerang, Banten. Salah satu kampus dengan banyaknya kuliner di sekitarnya. Selain itu, UMT juga sangat cocok untuk kamu yang melanjutkan kuliah tapi juga sudah bekerja karena di sana tersedia kelas karyawan. Walaupun  sudah bekerja, pendidikan tetap yang utama ya!

Baca Juga: Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Universitas Terkenal di Tangerang salah satunya Universitas Pelita Harapan

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa Universitas Pelita Harapan atau UPH merupakan salah satu universitas terkenal dan terbaik di Tangerang karena universitas ini mencetak lulusan yang hebat-hebat. Salah satu fakultas terbaiknya adalah Fakultas Hukum UPH. Universitas Pelita Harapan didirikan pada 17 September 1994 oleh Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady (Lippo Group).  Awalnya, UPH hanya memiliki gedung sementara yang berada di Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta, kemudian gedungnya pindah ke gedung Menara Asia, Lippo Karawaci, Tangerang. Perkuliahan pertama berjalan pada tanggal 27 September 1994 di Menara Asia dengan mahasiswa sebanyak 250 orang, 3 fakultas, serta 8 jurusan. Saat itulah pembangunan di UPH Tower sedang berlangsung.

Tahun 1995, semua kegiatan perkuliahan berpindah ke UPH Tower. Pada tahun yang sama, bertambah lagi Akademi Pariwisata Pelita Harapan yang terdapat jurusan Manajemen Perhotelan dan Manajemen Usaha Wisata serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Semakin banyaknya mahasiswa yang berkuliah di sana, gedung UPH pun bertambah Gedung D (2004), Gedung E (2005), Gedung C (2006), UPH Business School (2008). Tahun 2006, UPH membuka kelas internasional bagi mahasiswa luar yang ingin mendapatkan gelar Sarjana di Indonesia dan program S2 UPH ada di kawasan Semanggi, Jakarta. Selain itu, UPH juga membuka kampus cabang di Surabaya, Jawa Timur dengan 6 jurusan S-1 dan 2 jurusan S-2.

Ada 13 fakultas dalam program S-1 dan Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH), serta program Online Learning. Untuk program magister, terdapat 8 jurusan (termasuk magister internasional) serta juga terdapat program doktoral hukum yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan gelar Doktor di bidang Hukum. Fasilitas-fasilitas yang disediakan di Universitas Pelita Harapan bisa dikatakan sangat mewah dan benar-benar membuat kegiatan mahasiswanya terdukung. Fasilitas-fasilitas yang terdapat di UPH di antaranya adalah Studio Foto, Museum UPH, Johannes Oentoro Library, Laboraturium Komputer iMac, Auditorium kapasitas >2000 orang, kantin, gymnasium, kolam renang (internasional), kolam renang privat, asrama/dormitory, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan sepak bola, lapangan voli, lapangan bulu tangkis, Student Lounge, Billiard, Muay Thai, UPH Clinic (Siloam), 3D Printing, 30 Private Music Rooms, UPH TV, UPH Radio, UPH Hotel, UPH Restaurant, Bar and Pastry, Books and Beyond, dll.

Biaya kuliah di Universitas Pelita Harapan

Melihat sejarah panjang serta berbagai fasilitas yang disediakan Universitas Pelita Harapan bagi mahasiswanya, itulah mengapa UPH menjadi universitas terkenal di Tangerang. UPH membanderol biaya per semester selain Fakultas Farmasi dan kelas online learning, ada di kisaran harga 16 juta hingga 46 juta rupiah. Untuk jurusan Farmasi, merupakan fakultas dengan biaya termurah karena mahasiswanya hanya perlu membayar 6-9 juta rupiah per semesternya. Namun, jika ingin mengikuti semester pendek, kamu harus merogoh kocek 2-4 juta rupiah. Kalau melihat fasilitas yang ditawarkan, tentu harga tersebut sangat sesuai untuk kampus sekelas universitas terkenal di Tangerang.