• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Fakultas Hukum Terbaik Di Jakarta

Fakultas Hukum Terbaik Di Jakarta

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta - Sebagai kota besar, tidak mengherankan jika Jakarta memiliki banyak sekali universitas bagus dan bergengsi. Mulai dari universitas negeri dan swasta, banyak sekali universitas bagus di Jakarta. Universitas-universitas tersebut memiliki beragam fakultas yang menunjang kegiatan belajar mengajar di dalamnya.

Salah satu fakultas yang sejak dulu hingga kini menjadi favorit para mahasiswa adalah fakultas hukum. Para lulusan fakultas hukum diketahui memiliki masa depan yang cerah dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang dapat digeluti seusai lulus. Oleh karena itu, wajar jika para calon mahasiswa di Jakarta berusaha keras untuk mencari dan masuk di fakultas hukum terbaik di Jakarta.

Fakultas hukum terbaik di Jakarta sendiri memiliki peringkatnya masing-masing berdasarkan riset prestasi mahasiswa dan lulusannya. Ada beberapa faktor yang menentukan keunggulannya masing-masing hingga dapat menjadi salah satu fakultas hukum terbaik.

Faktor Penentu Kualitas Fakultas Hukum

Ingin tahu apa saja faktor penentu kualitas dari fakultas hukum sehingga dapat digolongkan ke dalam daftar yang terbaik di Indonesia? Berikut ini beberapa ciri-ciri di antaranya.

1. Fakultas Hukum dengan kualitas yang bagus dan terbaik pastinya sudah memiliki status akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Akreditasi tersebut harus masih berlaku sebab biasanya akreditasi akan selalu diperbarui setiap beberapa tahun sekali.
2. Memiliki banyak penghargaan yang didapatkan oleh mahasiswa, dosen, atau alumninya baik di tingkat fakultas, universitas, atau negara.
3. Memiliki alumni yang dikenal berprestasi dan dipandang sebagai lulusan yang dicari-cari oleh berbagai perusahaan.
4. Memiliki alumni yang dikenal berkinerja baik ketika terjun di dunia kerja.

Baca juga: Kampus Elit di Tangerang

Daftar Universitas dengan Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Dari faktor penentu yang telah dipaparkan sebelumnya, terdapat setidaknya 10 universitas dengan fakultas hukum terbaik di Jakarta. Ingin tahu apa saja universitas yang memenuhi faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya? Berikut adalah daftarnya, mari simak, yuk!

fakultas hukum terbaik di jakarta

Fakultas Hukum UI

Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di negeri ini. Status universitasnya yang negeri menjadikan universitas satu ini sangat diminati dan dikejar para calon mahasiswa. Namun, untuk masuk dan diterima di UI bukanlah perkara mudah, sebab meski berlokasi di Jakarta, hampir seluruh calon mahasiswa di penjuru Indonesia mendambakan masuk universitas satu ini. Oleh karena itu, persaingannya cukup ketat untuk dapat masuk ke universitas ini.

Salah satu fakultas di UI yang menyumbang paling banyak peminat adalah Fakultas Hukum UI, yang ternyata diketahui sebagai fakultas hukum terbaik di Indonesia dan bukan hanya di Jakarta saat ini. Hanya saja, karena statusnya sebagai universitas negeri, kuota masuk ke Fakultas Hukum UI sangat terbatas.

Fakultas Hukum UI diketahui sebagai fakultas dengan jurusan ilmu hukum pertama di Indonesia. Wajar jika pada akhirnya fakultas hukum di UI diketahui sebagai fakultas hukum terbaik.

Jurusan ilmu hukum di Universitas Indonesia telah terakreditasi A oleh BAN-PT dengan nomor keputusan SK2173/SK/BAN-PT/Akred/SVII/2017. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan faktor yang disebutkan sebelumnya sehingga tidak heran jika fakultas hukum UI menjadi nomor 1 yang terbaik di Indonesia.

Selain itu, fakultas hukum UI juga memiliki banyak penghargaan baik di dalam fakultas maupun universitasnya. Untuk penghargaan tingkat fakultas, Hukum UI belum lama ini mendapat peringkat pertama dalam daftar Kampus Hukum Terfavorit 2018 versi YouthManual. Tidak hanya itu, di tingkat universitas, Fakultas Hukum UI mendapatkan peringkat ke-4 di antara 100 besar perguruan tinggi non-vokasi tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti.

Tidak hanya itu, Fakultas Hukum UI juga terbukti menjadi nomor 1 dengan kiprah alumninya yang banyak menduduki kursi pemerintahan dan menjadi pejabat negara.

Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapn (UPH) merupakan universitas swasta di Jakarta yang mampu menyaingi universitas negeri. Terbukti dari peringkat fakultas hukumnya yang hampir mampu menyaingi Universitas Indonesia, dan bahkan menyalip universitas negeri lainnya di Jakarta.

Fakultas Hukum UPH juga diketahui telah berdiri selama 20 tahun dan kini telah terakreditasi A oleh BAN-PT sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Prestasi yang didapatkan di dalam fakultas dan universitas juga cukup beragam, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Bahkan, Fakultas Hukum UPH pada tahun 2014 sempat dinobatkan sebagai universitas unggulan pertama yang ada di wilayah Kopertis III Jakarta. Hal ini semakin membuktikan keunggulan dari Fakultas Hukum UPH yang meskipun tergolong swasta namun dapat bersaing dengan baik dan bahkan mengungguli universitas negeri.

Berkuliah di fakultas hukum UPH juga akan memberikan mahasiswa banyak keuntungan. Misalnya saja dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan, mulai dari studio foto, laboratorium komputer iMac, auditorium berkapasitas besar,  berbagai macam lapangan indoor maupun outdoor, gymnasium, kolam renang, dan lain-lainnya. Wajar saja jika UPH dinobatkan sebagai salah satu kampus dengan fakultas hukum yang berada di jajaran peringkat atas jika menilik fasilitas yang mampu diberikannya.

Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Universitas Trisakti sejak dahulu sudah terkenal sebagai salah satu kampus swasta bergengsi di Jakarta. Universitas ini ternyata memiliki fakultas hukum yang juga berada di tingkat atas di wilayah Jakarta.

Fakultas Hukum Universitas Trisakti diketahui telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki lumayan banyak prestasi yang dapat dibanggakan. Selain itu, lulusan dari fakultas hukum Trisakti juga kini mulai banyak yang menjadi orang penting, pejabat negara, dan lain-lain.

Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya

Fakultas Hukum di kampus ini pertama kali didirikan pada tahun 1965. Sudah cukup lama didirikan hingga kini, fakultas hukum Atmajaya telah berkembang pesat. Saat ini, fakultas hukum satu ini juga menjadi salah satu yang menempati peringkat teratas fakultas hukum yang ada di Jakarta.

Kini, setelah puluhan tahun berdiri, fakultas hukum Atmajaya telah memiliki banyak lulusan yang telah sukses dengan terjun di berbagai sektor pekerjaan yang sesuai. Berdasarkan riset, kualitas lulusannya juga tergolong memuaskan dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga dapat membantu menaikkan peringkat FH Atmajaya menjadi kampus top yang diincar calon mahasiswa.

Jadi, itu dia informasi mengenai fakultas hukum terbaik di Jakarta menurut riset dan alasan mengapa kampus-kampus tersebut dapat masuk ke dalam daftar di atas. Meskipun bukan dikeluarkan oleh lembaga resmi, daftar kampus dengan fakultas hukum terbaik di atas tidak dibuat sembarangan tanpa pertimbangan fakta dan alasan logis. Sehingga rasanya wajar jika kampus-kampus tersebut dimasukkan ke dalam daftar.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga daftar kampus dengan fakultas hukum terbaik di Jakarta ini dapat membantu kamu dalam menentukan akan memilih kampus mana untuk kuliah. Yang pasti, jangan lupa untuk mencari kampus terbaik yang dapat memberikan fasilitas dan peluang yang terbaik juga, ya!