• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Kuliah Perhotelan Internasional di Jakarta

Kuliah Perhotelan Internasional di Jakarta

Kuliah perhotelan Internasional di Jakarta dibilang cukup menjanjikan karena peluang dan perkembangan hotel di Indonesia cukup pesat. Bisa dibilang kuliah ialah fase yang cukup krusial dalam hidup setiap orang. Karena masa ini akan salah satuyang menentukan masa depan seseorang dengan memilih jurusan yang tepat atau tidaknya. Banyak sekali pilihan untuk kuliah seperti kedokteran yang merupakan salah satu yang favorit, ekonomi, hingga hukum sekalipun. Namun, bila pusing untuk memilih semua jurusan di atas tersebut karena takut tidak dapat kerja atau bersaing, dari pada pusing lebih baik pilih kuliah perhotelan internasional di Jakarta yang sedang hits-hitsnya.

Memang jika dilihat lagi, jurusan perhotelan ini belum sebesar dan banyak peminatnya seperti jurusan ekonomi atau hukum dan lain-lainnya. Namun pada tahun-tahun terakhir ini bisa dibilang mahasiswa dan mahasiswi yang memilih jurusan ini terus meningkat tiap tahunnya. Lalu, pelajaran apa saja yang akan didapatkan dari seorang mahasiswa yang akan menjalani kuliahnya di jurusan perhotelan ini. Tidak perlu bingung, berikut akan dijabarkan beberapa pelajaran yang pastinya akan diajarkan dalam perkuliahan perhotelan ini.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Mempelajari Dasar Dari Manajemen Hingga Spesifik Manajemen Perhotelan

Pelajaran manajemen yang akan diajarkan berupa pembuatan perencanaan terhadap kelangsungan dari hotel hingga mempelajari visi dan misi penting dari hotel itu sendiri. Akan diajarkan juga cara dari merekrut karyawan dari hotel hingga perekrutan semua departemen yang ada di hotel yang nantinya jadi tempat kerja mahasiswanya kelak. Selain itu semua juga akan diajarkan proses menggaji, memberi bonus, training kepemimpinan hingga mengevaluasi kinerja dari karyawan-karyawan yang ada di Hotel tersebut. Cukup banyak bukan pekerjaan yang akan dihandle oleh seorang lulusan jurusan perhotelan.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Mempelajari Berbagai Bahasa Asing

Biasanya pada kuliah perhotelan internasional di Jakarta akan mempelajari hingga 2 buah bahasa asing di kampus. Namun semua itu tergantung dari kurikulum kampus dan kebijakannya apakah menetapkan lebih dari 2 bahasa asing atau tidak. Tapi kebanyakan pastinya yang paling penting ialah dalam mempelajari pelajaran bahasa Inggris tentunya. Bila persebaran target alumni yang ditetapkan oleh kampus ialah di daerah Asia, maka tidak menutup kemungkinan untuk adanya pelajaran bahasa Mandarin, Jepang, Korea hingga pelajaran dari Bahasa Arab. Bahkan ada yang hingga kampusnya mengajarkan pelajaran Bahasa Jerman, Itali dan Prancis.

Mempelajari tentang front-office Hingga Pelajaran Komunikasi

Disini akan mempelajari bagaimana jadi seorang resepsionis yang baik dan cara yang tepat untuk menyambut tamu hotel. Dimulai dari penyambutan saat check-in hingga saat check-out. Diajarkan juga caranya menjawab sebuah telepon yang datang dan caranya menjadi seorang operator yang baik dan benar. Karena banyak tamu yang memiliki karakter dan keunikannya masing-masing, maka akan diajarkan caranya menjadi Gust Relation Officer.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Belajar Accountung, Store, dan Purchasing

Jurusan perhotelan pastinya tetap akan belajar hitung-hitungan yang pastinya tidak mudah. Hitungan yang akan dipelajari yaitu meliputi proses pengadaan barang, uang yang dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang hingga seluruh pembelian dan kebuuhan hotel yang diperlukan. Kebutuhan hotel ini bisa meliputi makanan, daging, handuk, piring, shampo, sabun, dan lain-lain.

Belajar Jadi Pelayan Restoran Yang Baik

Menjadi pelayan yang baik ialah suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap pelajar di kuliah perhotelan. Karena kerjaan melayani tamu merupakan salah satu pekerjaan utama yang akan dilakukan oleh alumni perhotelan nantinya. Bahkan para mahasiswi dan mahasiswanya harus tahu cara menjelaskan menu dari minuman hingga makanannya. Jenis sendok dan garpu yang akan diletakan pada meja juga harus diperhatikan secara mendetil beserta dengan table mannernya.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Belajar Tentang House Keeping dan Kebersihan Hotel

Akan ada pelajaran yang mengajarkan caranya mengatur sebuah kamar hotel agar terlihat rapih dan enak di lihat. Dimulai dari pemasangan bed cover juga sprei dan juga tidak lupa tentang penggunaan alat kebersihan. Kebersihan lantai juga perlu di jaga serta membersihkan bahan-bahan yang berbeda seperti kayu, marmer, keramik dan sebagainya. Pengaturan ruang juga harus dipelajari, dimulai dari mengatur ruang meeting, penyusunan kursi dan meja dan lain sebagainya. Perawatan juga akan diajarkan, dimana seorang pelajar perhotelan akan diajarkan caranya merawat taman, kaca hotel hingga kolam renang sekalipun. Banyak sekali yang akan dipelajari mengenai kebersihan kamar hotel dan sebagainya.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Belajar Tentang Jenis Makanan dan Juga Minuman

Dalam perhotelan pastinya akan berhubungan erat dengan adanya makanan dan minuman di hotel tersebut. Pastinya setiap pengunjung hotel memerlukan ketersediaannya makanan dan minuman di hotel tersebut. Karena bagaimanapun juga makanan dan minuman ialah kebutuhan paling dasar bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, pengetahuan terhadap makanan dan minuman sangatlah penting untuk dipelajari pada jurusan perhotelan ini.

kuliah perhotelan internasional di jakarta

Pengetahuan Mengenai Kue dan Roti

Pengetahuan tentang roti dan kue ini sangatlah dibutuhkan bagi seorang alumni perhotelan. Para pelajar akan diajarkan membuat sebuah roti dan kue bagi penghuni hotel nantinya. Diajarkan cara membuat roti agar tidak over cook dan tidak gagal, memainkan kue sehingga tidak keasinan dan kelebihan air nantinya. Sedangkan dalam pembuatan roti akan diberikan resep-resep yang pastinya penting bagi alumninya kelak. Cara-cara yang baik dalam membuat roti yang baik juga juga cara mencampurnya kedalam adonan yang benar hingga pemanasan yang tepat dan tidak kelebihan atau terlalu panas sekali pun. Semuanya dipelajari secara detil di fakultas ini, sehingga membuat para mahasiswa dan mahasiswinya akan jadi jago dalam memasak.

Pengetahuan Mengenai Minuman Sampai Jadi Barista

Dalam jurusan ini akan diajarkan caranya menyajikan minuman dengan baik dan benar. Penghafalan terhadap gelas dan fungsi yang dimilikinya bisa sampai ratusan lembar dan pastinya harus dihafalkan semua. Kandungan dari minuman yang akan dihidangkan juga akan dipelajari, hingga menjadi seorang bartender. Biasanya jenis minuman juga akan dipelajari, seperti wine, alkohol juga kopi. Banyak sekali pelajaran tentang menjadi seorang barista yang baik hingga menjadi seorang bartender.

Belajar Tentang Kewirausahaan

Pada saat kuliah, akan mempelajari tentang kewirausahaan, caranya membuat usaha yang baik hingga strategi bisnis yang baik dan akan berjalan. Akan diajarkan caranya membuat proposal dalam bentuk bisnis plan yang baik hingga pinjaman dana yang dibutuhkan serta pelaksanaannya dilapangan nantinya. Bila kampusnya bagus, maka akan cukup berfokus pada kewirausahaan ini dan mensuport hingga usaha calon alumni hingga jadi. Menyenangkan dimana, belajar sambil berwirausaha yang nantinya akan berguna ketika menjadi alumni nantinya.

Belajar Mengenai Kepariwisataan

Biasanya banyak orang-orang yang menganggap bahwa perhotelan ini mirip dengan kepariwisataan atau bisa dibilang sama adanya. Namun seiring berjalannya waktu, bisa dilihat bahwa 2 jurusan ini cukup berbeda, karena bisa dibilang bahwa perhotelan merupakan bagian dari pariwisata. Lain halnya dengan pariwisata yang tidak hanya bergantung dan mempelajari tentang perhotelan saja. Pariwisata yang akan dipelajari meliputi destinasi wisata, wisatawan hingga undang-undang tentang pariwisata dan dampak yang akan ditimbulkan dari pariwisata tentunya.

kuliah perhotelan internasional di jakarta