• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta 3

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta 3

Fakultas Hukum terbaik di Jakarta 4

Banyak yang berpikir bahwa kuliah hukum di Universitas ternama lebih menjanjikan masa depan. Tentu saja ya, contohnya di Universitas Pelita Harapan yang merupakan fakultas hukum terbaik di Jakarta.
UPH telah mendefinisikan visi dan misi organisasi untuk menekankan pendidikan yang seimbang dan terintegrasi, meliputi seni, ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai spiritual yang kuat. Dimana fakultas hukum terbaik di Jakarta.

Visi

Untuk menjadi lembaga yang berpusat pada Kristus untuk sangat baik, holistik, transformasional pendidikan tinggi yang akan mengembangkan pemimpin yang kompeten dan profesional yang dilengkapi dengan pengetahuan yang benar, dipandu oleh iman dalam Kristus, dan memberikan contoh karakter yang saleh.

Misi

Untuk mempersiapkan dan memberdayakan siswa untuk menjadi profesional holistik dan pemimpin pelayan yang siap untuk melayani dan memuliakan Tuhan.
Untuk memberikan kontribusi pada kemajuan pengetahuan dan teknologi berdasarkan Kristus – prinsip berpusat.
Untuk berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat, pembangunan bangsa, dan peningkatan kualitas hidup manusia dan masyarakat untuk kemuliaan Allah

Program Sarjana Hukum UPH memperlengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengejar karier di berbagai sektor hukum, baik di lingkup nasional maupun global. Sebagai fakultas hukum terbaik di Jakarta, Universitas Pelita Harapan (UPH) menyediakan tiga pilihan peminatan sebagai berikut: Hukum Bisnis (hukum korporasi), Hukum Internasional (hukum publik dan perjanjian internasional), dan Kemahiran Praktik Hukum (litigasi dan bidang hukum lainnya). Setiap bidang peminatan ini didasarkan pada landasan hukum nasional dan internasional yang kokoh serta riset terkait, agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan hukum dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Fondasi Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta ini membekali lulusan kami dengan serangkaian keterampilan hukum yang kokoh, yang dipadukan dengan integritas pribadi yang kuat untuk meraih keberhasilan dalam berbagai profesi hukum. Jadi, sudah jelas bahwa Universitas Pelita Harapan memiliki fakultas hukum terbaik di Jakarta.

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta 5

Ketika lulus SMA/SMK pastinya kamu bingung dan enaknya memilih jurusan bidang apa di Universitas nanti. Bahkan banyak dari para lulusan SMA/SMK tidak melanjutkan kuliah karena finansial ataupun ingin langsung kerja. Itu semua terjadi karena tidak mengetahui apa minat dan bakat dari calon mahasiswa di masa depan. Padahal ada jurusan yang banyak populer yaitu seperti hukum, kedokteran, dan ekonomi. Jika saya disuruh memilih, maka saya akan memilih jurusan hukum.

Di Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta, Belajar Apa Aja?

Yang pasti, bukan sekadar bikin kamu jadi pengacara, jaksa atau hakim saja.

Apa sih yang terbayang darimu, ketika kuliah hukum? Apa kerjaannya ngapalin ribuan pasal-pasal? Apakah harus masuk fakultas hukum terbaik di jakarta?
Hemm, tidak hanya ngapalin pasal sih, karena pasal kan sebenarnya bisa dilihat lagi kalau lupa, ya. He he.
Yang jelas, mahasiswa hukum wajib banyak buku. Terutama, buku-buku yang berisi teori-teori dasar terkait dengan ilmu hukum.
Umpamanya untuk buku pidana, ada buku teori karya Pak Wirjono. Atau untuk hukum perdata, bisa baca teori karangan Pak Subekti.

Hukum Perdata

Apa sih, hukum perdata itu?

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta 2

Kurang lebih, hukum perdata adalah seperangkat/kaidah hukum yang mengatur perbuatan atau hubungan manusia/badan hukum perdata untuk kepentingan para pihak. Cuman, urusan antar manusia ini tanpa melibatkan kepentingan publik/umum/masyarakat yang lebih luas.
Misal; hukum perdata adalah hukum yang mengatur kontrak gimana pekerja terikat dengan perusahaan.
Selain itu, dalam konsentrasi hukum perdata, makul yang bakal pelajari ialah; pengembangan hukum keperdataan, hukum ekonomi, hukum pasar modal dan investasi, hukum perbankan, hukum HAKI, Contract Drafting.
Di bidang ini, kamu akan banyak belajar tentang hukum yang mengikat perjanjian dan kontrak. Jika kamu bermimpi ingin bekerja sebagai notaris atau pihak legal, kamu cocok banget mengambil pilihan konsentrasi ini.
Sebagai gambaran, makul yang akan kita temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Hukum Keluarga dan Waris
2. Hukum Perkawinan
3. Hukum Perselisihan
4. Perbandingan Hukum Perdata
5. Hukum Adat dalam Perkembangan
6. Hukum Ekonomi
7. Hukum Ekonomi dikenal juga sebagai Hukum Dagang. Hukum ini mengatur aktivitas perdagangan, dong, ya. Kita bakal belajar banyak mengenai aspek hukum dan legal dalam aktivitas ekonomi.

Baca Juga : Universitas Swasta Bisnis Terbaik di Jakarta


Makul yang akan kita temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Hukum Ekonomi
2. Hukum Perusahaan
3. Hukum Jaminan
4. Hukum Ekonomi Internasional
5. Hukum Penanaman Modal
6. Hukum Internasional
Hukum internasional ada karena adanya pengaruh globalisasi dan banyaknya wilayah-wilayah yang nggak terkena jangkauan perlindungan hukum suatu negara. Misal, gimana hukum penanganan buronan negeri A di negeri B.
Sebagai umpama, makul yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Hukum Organisasi Internasional
2. Hukum Perjanjian Internasional
3. Hukum Udara dan Ruang Angkasa
4. Studi Kasus Hukum Internasional
5. Hukum Laut Internasional
6. Hukum Pidana

Hukum Pidana
Hukum pidana dapat diartikan sebagai hukum yang mengatur tentang kejahatan dan pelanggaran terhadap kepentingan umum. Perilaku tersebut diancam dengan pidana yang yakni suatu penderitaan.
Misalnya kayak hukum orang yang bunuhin orang, atau yang ngerampok, pokoknya hal-hal terkait dengan kriminalitas, deh.
Di dalam konsentrasi hukum pidana, biasanya mata kuliah yang akan kita pelajari ialah; Hukum Pidana, Kriminologi, Kejahatan Korporasi. Kriminalistik, Victimologi dan Penologi.
Jabatan yang berhubungan dengan advokat, jaksa, polisi, atau oditur militer.
Hukum HTN ( Hukum Tata Negara)
Konsentrasi Hukum Tata Negara (HTN) mempelajari aturan kenegaraan lebih ke aspek statis, alias pokok aturannya itu sendiri.
Kita bakal diajarin mengenai lembaga kenegaraan, konstitusi, sampai pembuatan undang-undang. Ini berkaitan banget dengan Mahkamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Rakyat.
Mata kuliah:
1. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
2. Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian
4. Kapita Selekta Hukum Tata Negara
5. Hukum Konstitusi
6. Perbandingan Hukum Tata Negara
5. Hukum Administrasi Negara
6. Hukum Administrasi Negara mempelajari tentang aspek-aspek dinamis dan “merakyat” dalam aturan kenegaraan, seperti pembangunan dan aparatur negara dari segi behavioral.
Contohnya, berkaitan dengan urusan penentuan tarif parkir, atau denda ketika ada orang yang merusak fasilitas publik, dan lain sebagainya
Sebagai umpama, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Hukum Administrasi Negara di Daerah
2. Hukum Perizinan
3. Hukum Keuangan Negara
4. Hukum Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan
5. Hukum Kepegawaian
6. Hukum dan Perkembangan Masyarakat
7. Hukum dan Perkembangan Masyarakat menmfokuskan pada sejarah hukum dan perkembangannya sesuai kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman.
Bisa dibilang, konsentrasi ini kayak ‘ilmu murni’ dari hukum gitu. Kita bagai researcher dan pakar mengenai fenomena hukum yang berlangsung. Berhubungan, deh, buat kamu yang kepingin jadi dosen, peneliti, atau pengamat dalam bidang hukum.
Selain akan bertemu sama banyak teori dan sejarah-sejarah hukum. Kita akan mempelajari dinamika hukum yang terjadi di masyarakat modern.
Sebagai umpama, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Sistem Hukum Nasional
2. Sejarah Hukum
3. Antropologi Hukum
4. Penafsiran Hukum
5. Penemuan Hukum
6. Hukum dan Teknologi
Di bidang ini, kamu akan mempelajari hal-hal seputar hukum yang menaungi media, teknologi informasi dan telekomunikasi, sampai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
Di zaman sekarang, keterkaitan antara hukum dan teknologi sangat relevan banget buat dibicarain. Contohnya nih, ketika seseorang bikin status di facebook, terus ngehina ras tertentu.. itu bisa aja dituntut sebagai pencemaran nama baik.
Sebagai umpama, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
1. Hukum Perdagangan Secara Elektronik
2. Hukum Telekomunikasi
3. Hukum Penyelesaian Sengketa Hukum dan Arbitrase
4. Hukum Media
5. Studi Kasus Hukum Teknologi
Nah, itu dia mancam-macam bidang yang dipelajari di fakultas hukum. Lumayan banyak kan, ternyata bidangnya. Sisanya pilih aja yang sesuai dengan hobi kamu.