• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Kalau kamu saat ini masuk kuliah dan ingin berkuliah di fakultas hukum terbaik di Jakarta, kamu bisa masukkan UPH jadi calon kampusmu, nih. Saat ini, di Jakarta sangat banyak universitas bagus dan bergengsi. Dari universitas negeri hingga universitas swasta, banyak kampus yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berkuliah. Tentunya, saat memilih kampus tempatmu menuntut ilmu, kamu mencari yang terbaik, kan?

Fakultas Hukum selalu menjadi favorit bagi para mahasiswa baru untuk berkuliah, karena banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia, berkuliah di fakultas hukum pun menjadi incaran calon mahasiswa. Bisa dikatakan lulusan fakultas hukum mudah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang.  Fakultas hukum terbaik di Jakarta juga memiliki peringkat masing-masing berdasarkan prestasi mahasiswa dan lulusannya. Oleh karena itu, beberapa fakultas hukum yang memiliki alumni yang berprestasi biasanya mendapatkan akreditasi yang tinggi.

Keuntungan menjadi lulusan Fakultas Hukum

Sebelumnya, apakah kamu terpikir mengapa kamu tertarik berkuliah di fakultas hukum? Kalau belum, kamu perlu mencari tahu nih ada beberapa keuntungan ketika kamu menjadi lulusan fakultas hukum. Banyak yang mengatakan berkuliah di fakultas hukum, kamu harus pandai untuk menghafal beberapa pasal dan undang-undang yang tebalnya bukan main dan menggunakan bahasa asing. Tapi bukan berarti hal tersebut membuatmu mundur, kan. Ternyata, ada beberapa keuntungannya saat kamu menjadi lulusan fakultas hukum.

Pertama, keuntungan yang akan kamu dapatkan setelah lulus dari fakultas hukum adalah kamu akan menjadi orang yang lebih kritis. Ketika kamu berkuliah, kamu pasti harus peka terhadap persoalan-persoalan hukum di sekitarmu. Kamu juga terbiasa berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Dari situlah, kamu akan mengerti dan menjadi lebih kritis tntang berbagai permasalahan hukum yang muncul di sekitarmu.

Kedua, keuntungan lainnya adalah fakultas hukum mengubah karaktermu. Bagaimana bisa? Anak-anak fakultas hukum biasanya dituntut untuk dapat menyelesaikan suatu kasus hukum tertentu. Oleh karena itu, kalau kamu tidak mempersiapkan diri kamu akan ketinggalan. Anak-anak lulusan fakultas hukum itu memiliki mental yang tangguh banget dalam menyelesaikan masalah. Mereka juga dituntut untuk jadi lebih berani dan mampu menyampaikan pendapat atau argumen saat ada tanya jawab di kelas. Dari situlah, karakter barumu akan terbentuk.

Ketiga, keuntungan ini sepertinya yang membuat para calon mahasiwa memilih fakultas hukum untuk tempat mereka menimba ilmu. Lulusan fakultas hukum memiliki lapangan pekerjaan yang luas. Prospek karier yang ditawarkan sangat luas. Memang benar. Di dalam aspek kehidupan kita, pasti kita membutuhkan ahli hukum untuk mengatur kehidupan kita. Jadi, hampir semua instansi atau perusahaan pasti membutuhkan jasa lulusan fakultas hukum. Oleh karena itu, fakultas hukum bisa dikatakan fakultas paling favorit untuk calon mahasiwa.

Sistem penilaian fakultas hukum terbaik

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan untuk mengetahui fakultas hukum mana saja yang terbaik di Jakarta, dan ada lima jenis formula. Pertama yang bisa dipertimbangkan adalah big law acceptance rate, yaitu berapa banyak lulusan fakultas hukum tersebut yang diterima kerja dalam firma hukum nasional terbaik. Kedua adalah penilaian dari promotion rate, yang merupakan berapa banyak lulusan yang akan dipromosikan setelah satu tahun bekerja di firma hukum.

Penilaian ketiga dilihat dari employability rate yakni banyaknya lulusan fakultas hukum tersebut yang diterima kerja dalam firma hukum kurang dari 6 bulan setelah lulus dari S1. Keempat adalah penilaian yang dilihat dari admission to the bar rate, banyaknya lulusan dari perguruan tinggi yang diterima bekerja di firma hukum dan telah memiliki izin praktik advokat atau setelah dinyatakan lulus dari ujina profesi advokat. Terakhir adalah penilaian dari skor akreditasi kampus, yang dilihat dari program studi/fakultas hukum yang dinilai langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Beberapa fakultas hukum terbaik di Jakarta

Dari sistem penilaian fakultas hukum terbaik, ternyata ada beberapa fakultas hukum di universitas di Jakarta yang masuk dalam predikat fakultas hukum terbaik. Beberapa fakultas hukum terbaik tersebut adalah Fakultas Hukum UI, Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH), Fakultas Hukum Universitas Trisakti, dan Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya.

Fakultas Hukum UI menjadi terbaik di Jakarta karena memiliki alumni yang berprestasi dan terkenal, serta FHUI merupakan fakultas hukum pertama di Indonesia. Wajar bila menjadi idola banyak calon mahasiswa. Selanjutnya, Fakultas Hukum Universitas Trisakti. FH Trisakti ini juga terkenal karena telah teraktreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki alumni yang telah menjadi pejabat negara.

Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya juga dikatakan fakultas hukum yang terbaik di Jakarta karena fakultas ini telah berdiri sejak 1965. Alumninya juga dikenal sebagai lulusan yang sukses dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga hal tersebut membuat fakultas hukum kampus ini menjadi favorit calon mahasiswa. Selanjutnya adalah Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan. UPH dikenal sebagai kampus swasta yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri lainnya, salah satu fakultas favorit di sana adalah fakultas hukum. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Baca Juga: Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Fakultas hukum terbaik di Jakarta, salah satunya UPH

fakultas hukum terbaik di jakarta

Ketika menyebutkan nama-nama fakultas hukum favorit, maka kamu pasti tidak akan melewatkan Universitas Pelita Harapan (UPH) yang memiliki fakultas hukum terbaik. Ada beberapa hal mengapa UPH dikatakan sebagai fakultas hukum terbaik. Pertama, UPH merupakan salah satu universitas di Jakarta yang dapat bersaing dengan universitas-universitas negeri di Jakarta maupun di luar kota. Hal ini terbukti dari peringkat fakultas hukumnya yang hampir setara dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan menjadi terdepat daripada universitas negeri lainnya yang ada di Jakarta.

Kedua, lulusan dari fakultas hukum UPH jangan diragukan lagi. Seseorang yang berhasil lulus dari Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan adalah pribadi yang akan mampu untuk memahami, memeriksa, dan merancang dokumen hukum yang sulit serta dapat membuat peraturan. Para lulusan Fakultas Hukum UPH juga akan dapat dengan bijak menangani berbagai permasalahan hukum di dalam lingkup pemerintahan dan juga di lingkup pelayanan publik.

Hal yang akan kamu pelajari di Fakultas Hukum UPH

Banyak yang bertanya-tanya, apa saja yang dipelajari oleh anak-anak hukum, terutama anak-anak Fakultas Hukum UPH yang telah menjadi favorit. Bagi kamu yang akan melanjutkan studi di Fakultas Hukum UPH, kamu akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan dunia hukum seperti; kamu akan mempelajari berbagai hukum yang berlaku di Indonesia serta hukum yang berlaku di dunia. Kamu juga akan belajar tentang kaitan antara hukum dan hak asasi manusia, etika yang harus kamu terapkan di dalam hukum, dan untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat kurikulumnya.

Bagi kamu yang berhasil lulus dari Fakultas Hukum UPH, tidak perlu khawatir tidak mendapatkan lapangan pekerjaan karena lulusan hukum sangat luas lapangan pekerjaannya. Beberapa pilihan karier dan prospek kerja bagi lulusan hukum, khususnya lulusan Fakultas Hukum UPH adalah jaksa, hakim, peneliti hukum atau asisten peneliti hukum, pengacara, diplomat, staf di berbagai kementerian di Indonesia, serta menjadi staf legal.