• Best International University in Jakarta
  • Kampus Elit di Tangerang
  • Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia
International University

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Fakultas hukum ( biasa disebut juga sebagai sekolah hukum atau perguruan tinggi hukum ) adalah sebuah lembaga yang mengkhususkan diri dalam pendidikan hukum, biasanya terlibat sebagai bagian dari proses untuk menjadi pengacara dalam yurisdiksi tertentu. Terdapat banyak Fakultas Hukum di setiap universitas atau perguruan tinggi di Indonesia, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Dan dari sekian banyak universitas tersebut, Universitas Pelita Harapan adalah salah satunya, dimana Universitas Pelita Harapan sendiri memiliki Fakultas Hukum terbaik di Jakarta saat ini.

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Gelar untuk sekolah Hukum di Indonesia terdiri dari tiga sistem tingkatan. Tingkat pertama adalah Gelar yang menyandang gelar Sarjana Hukum / S.H. ( Sarjana Hukum ). Ini dapat diperoleh dalam 4 ( empat ) hingga 7 ( tujuh ) tahun setelah mereka memasuki Fakultas Hukum langsung dari Sekolah Menengah Atas. Tingkat kedua bervariasi tergantung pada spesialisasi hukum yang diambil setelah tingkat pertama. Gelar yang di dapat untuk tingkat ini adalah Magister Hukum / M.H. ( Magister Hukum ). Selain Magister Hukum, ada pilihan lain juga untuk tingkat sekunder seperti Magister Kenotariatan / M.Kn. ( Magister Notaris ) untuk jajaran profesional Notaris. Tingkat kedua dapat diperoleh secara normal dalam 1-2 tahun. Terakhir adalah tingkat ketiga, yang merupakan gelar tertinggi dalam Gelar Hukum Indonesia, yaitu Doktor / DR. ( Doktor Hukum ).

Untuk bekerja di profesi hukum pilihan di Indonesia, gelar Sarjana Hukum ( S.H. ) adalah hal yang wajib. Para lulusan dapat mengejar karir mereka sebagai penasehat hukum di rumah maupun profesi sebagai Hakim ( yang juga memerlukan penerimaan dan pelatihan lebih lanjut di Pusat Pendidikan Mahkamah Agung ), Penuntut Umum ( memerlukan penerimaan dan pelatihan lebih lanjut di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penuntut Umum ), dan pekerjaan terkait hukum lainnya.

Selain itu, Sarjana Hukum juga bisa menjadi seorang Advokat. Namun para lulusan Sarjana Hukum ini harus mengikuti Kursus Khusus Advokat ( 1-2 bulan ) dan harus lulus ujian. Gelar Advokat dapat diperoleh setelah mereka lulus ujian pengacara dan memenuhi beberapa kewajiban dan persyaratan yang dibuat oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), dan merupakan prasyarat untuk berlatih hukum pengadilan di Indonesia. Para pekerja di bidang hukum ini kebanyakan berasal dari Fakultas Hukum terbaik di Jakarta, termasuk juga dari Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan.

Baca juga: Best International University in Jakarta

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Fakultas Hukum terbaik di Jakarta ada di Universitas Pelita Harapan

Berlokasi di Jl. M. H. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village Tangerang, Universitas Pelita Harapan memiliki beberapa fakultas terbaik yang bisa Anda pilih. Mulai dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu & Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, termasuk di dalamnya adalah Fakultas Hukum. Selain membuka tempat perkuliahan di Tangerang, Universitas Pelita Harapan juga mendirikan gedung di Surabaya, Jawa Timur, serta di daerah medan, Sumatera Utara.

Program Sarjana Hukum di Universitas Pelita Harapan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengejar karir di berbagai sektor hukum, baik di lingkup nasional maupun lingkup global. Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan saat menawarkan tiga pilihan program yang bisa dipilih: Hukum Bisnis ( hukum perusahaan ), Hukum Internasional ( hukum publik internasional dan risalah ), dan juga Kemahiran Praktik Hukum ( litigasi dan bidang hukum lainnya ).

Setiap program dibangun di atas dasar yang kuat dari hukum nasional dan internasional dan penelitian yang relevan untuk memungkinkan siswa menguasai pengetahuan hukum dan kemampuan memecahkan masalah. Universitas dengan Fakultas Hukum terbaik di Jakarta ini akan membekali para lulusan dengan segudang keterampilan hukum yang kuat, yang juga akan dikombinasikan dengan integritas pribadi yang kuat untuk berhasil dalam berbagai profesi hukum.

Sebagai Fakultas Hukum terbaik di Jakarta, Universitas Pelita Harapan akan menjadikan mahasiswanya menjadi lulusan yang nantinya akan mampu memahami, memeriksa dan menyusun dokumen hukum dan peraturan serta mampu untuk mengelola masalah terkait hukum dalam pemerintahan dan layanan publik. Hal-hal yang dipelajari juga merupakan hal-hal yang berkaitan dengan hukum, seperti misalnya berbagai hukum di Indonesia, dan hukum yang diterapkan secara global, korelasi atau hubungan antara hukum dan hak asasi manusia, dan juga kemampuan untuk mengerti tentang etika dalam dunia hukum.

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

Beberapa pilihan karier dan pekerjaan yang prospektif bagi lulusan Hukum meliputi jaksa, hakim, peneliti / asisten hukum, pengacara, diplomat, staf pelayanan, serta staf hukum.

Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan juga tidak hanya sekedar belajar di kelas saja. Fakultas Hukum terbaik di Jakarta ini juga memiliki wadah untuk berorganisasi, yaitu Dewan Mahasiswa Fakultas Hukum. Dewan Mahasiswa Fakultas Hukum ini datang sebagai organisasi yang memandu perkumpulan mahasiswa di bawah Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat mengaktualisasikan pengetahuan mereka melalui berbagai layanan, dan untuk mempersiapkan mereka dengan kegiatan seperti seminar, diskusi, lokakarya, dan lain-lain sebagai hukum praktisi di masa depan.

Untuk membuat Dewan Mahasiswa Hukum Universitas Pelita Harapan aktif dalam sinergi dengan Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, mereka memiliki visi agar mampu menciptakan lingkungan yang inklusif bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan menumbuhkan kepekaan, integritas dan kapasitas mahasiswa Fakultas Hukum terbaik di Jakarta ini, sehingga di masa depan akan mampu menjadi pribadi yang dedikatif dan relevan untuk lulusan hukum.

Dewan Mahasiswa Hukum Universitas Pelita Harapan juga memiliki misi. Diantaranya adalah misi inklusif untuk menjaga ekosistem Fakultas Hukum agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka untuk menghasilkan kehangatan dan kebersamaan. Selain itu, mereka juga memiliki misi dedikatif untuk membangun semangat dedikasi dengan seluruh siswa sejak tahap awal untuk mengaktualisasikan pengetahuan mereka melalui berbagai layanan. Di sisi lain, ada juga misi relevan yang bisa membantu siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan setelah lulus, sesuai dengan kebutuhan sosial.

Setiap tahun, beragam aktivitas rutin juga selalu diadakan oleh Dewan Mahasiswa Hukum Universitas Pelita Harapan. Mulai dari public lecture atau kuliah umum, pendidikan dan pelatihan dari HMFH ( HMFH Education and Training ), Tutoring atau bimbingan belajar untuk UTS & UAS, debat internal “DARE” ( Debate and Research Community ), Welcoming Party untuk Christian Law Student Fellowship, Workshop I, Seminar, Law Welcoming Event, HSM (Mootcourt High School), ILFO (Internal Law Futsal Olympic), Study Tour, Jessup, External Law Soccer Olympic, Olympic Internal Law Basketball, hingga Business Law Competition atau kompetisi Hukum Bisnis.

Fakultas Hukum Terbaik di Jakarta

TOTAL BIAYA STUDI UPH

Untuk biaya yang diberikan di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan mencapai total biaya belajar sebesar Rp. 187.800.000. Untuk pembayaran pertama Rp 51.000.000, dan sudah termasuk semua biaya sekolah selama masa studi normal sesuai dengan kurikulum yang berlaku